Alasan Mobil Listrik Dinilai Ramah Lingkungan

Mobil listrik saat ini sudah menjadi barang transportasi alternatif yang keberadaannya semakin diterima oleh masyarakat di dunia. Adanya mobil listrik ini akan menjadi kendaraan mainstream serta disebut sebagai kendaraan masa depan yang sangat canggih. Hal itu bukan karena mobil listrik tanpa penggunaan BBM yang berasal dari SDA terbatas saja namun mobil listrik sangat ramah lingkungan

Mobil listrik disebut-sebut sebagai kendaraan yang ramah lingkungan menjadi ungkapan yang hingga saat ini masih diperdebatkan, namun secara garis besar disebabkan oleh pembuangan dan penggunaan energy. Agar bisa memperoleh informasi yang lebih lengkap, berikut ini terdapat alasan mengenai mengapa mobil listrik dianggap ramah lingkungan.

1. Emisi gas buang jauh lebih aman

Kendaraan yang menggunakan teknologi elektrik umumnya tidak mempunyai knalpot. Mobil listrik diciptakan tanpa adanya knalpot sebab kendaraan listrik ini sama sekali tidak menghasilkan gas yang harus dibuang. Tapi memang, tetap ada emisi penggunaan dan pembuangan rem dan ban, akan tetapi mobil listrik tentu lebih aman perihal menjaga kesehatan udara karena terhindar dari polusi.

Kendaraan listrik juga disebut dapat mengurangi emisi gas dari rumah kaca sehingga dapat meminimalisir jejak karbon dioksida serta menjaga lapisan ozon. Hal tersebut sedikit banyaknya akan berdampak dan mengurangi laju pemanasan global yang besar pemicunya dari polusi kendaraan di seluruh dunia. Selain itu, tekanan terhadap kesehatan juga bisa menurun sebab kualitas udara juga ikut menurun.

2. Perawatan mesin jauh lebih ringan

Kendaraan listrik tentu tidak begitu banyak membutuhkan perawatan seperti mobil bahan bakar lainnya. Kamu hanya butuh perawatan komponen rem serta mengganti baterai. Bahkan sudah banyak kendaraan listrik menyediakan garansi untuk baterai untuk beberapa tahun agar para pengguna tidak harus bolak balik datang ke bengkel.

Kendaraan listrik hanya mempunyai beberapa komponen saja yang bergerak pada sistem mesinnya. Maka dari itu, tidak begitu banyak bagian-bagian yang mesti diperbaiki atau dirawat dengan begitu kamu dapat menghemat biaya dan waktu.

3. Mengurangi polusi suara kendaraan

mobil listrik

Bila mobil berjenis bahan bakar biasanya menimbulkan suara yang bising di jalanan, lain halnya dengan kendaraan listrik. Kamu sama sekali tidak merasakan suara bising yang dihasilkan dari mobil listrik ini. Maka dari itu, jalanan kota, jalanan desa dan kawasan kompleks tidak akan merasa bising akan hadirnya mobil ini jika melintas tentu akan jauh lebih tenang.

Bahkan saking senyapnya suara dari mobil listrik, kendaraan jenis ini diharuskan untuk mempunyai AVAS atau Acoustic Vehicle Alert System yakni suatu sistem untuk suara buatan. Upayakan ini dibutuhkan agar memberi kewaspadaan terhadap pejalan kaki ketika di dekatnya ada kendaraan listrik melintas di jalanan.

4. Mengurangi kemacetan yang disebabkan antrian pom bensin

Seperti diketahui, di Indonesia sendiri ketika akan mengisi bahan bakar kendaraan biasanya terjadi antrian kendaraan yang cukup panjang, apalagi di hari kerja. Bahkan akibatnya bisa menimbulkan kemacetan karena antrian di SPBU. Apabila orang-orang berpindah ke penggunaan kendaraan listrik, kemacetan yang disebabkan oleh antrian di SPBU dapat diminimalisir hingga emisi dari mobil yang menyala pun ikut berkurang.

Pengisian ulang energi listrik dapat dilakukan ketika memarkir mobil listrik dirumah. Hal tersebut pastinya akan sangat menghemat waktu sebab kamu tidak harus mengantri untuk pengisian bahan bakar di pom bensin. Bahkan beberapa negara telah menyediakan kantor yang menyediakan area parkir untuk pengisian energy untuk mobil listrik. Hal tersebut tentunya sangat membantu para pengguna mobil listrik agar tidak repot lagi jika harus mengisi energi kendaraan mereka diluar rumah.

5. Menghadirkan berbagai fitur keamanan

Kendaraan listrik yang datang di Indonesia begitu mementingkan keperluan da kebutuhan dari para penikmatnya. Maka dari itu, terdapat banyak sekali inovasi pada fitur yang mereka tawarkan dari sisi kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna.

Inovasi fitur yang tersedia seperti ICC atau Intelligent Cruise Control yang merupakan sebuah fitur dengan memiliki sensor pada sisi depan kendaraan agar membantu mengatur jarak aman terhadap kendaraan yang berada di depan.

Berikutnya Intelligent Around View Monitor, ini adalah kecanggihan fitur yang menggunakan teknologi kamera dan berada di empat sisi, mulai dari sisi depan, belakang, kanan dan kiri. Fitur ini tentu sangat membantu kamu ketika akan memarkirkan mobil sebab bisa melihat tampilan gambar dari atas dengan kamera 360 derajat.

Bukan hanya itu, di mobil listrik tersedia fitur paling nyaman yakni one pedal yang bisa memungkinkan para pengguna melakukan akselerasi serta pengereman dengan hanya satu pedal. Dengan sistem satu pedal ini, ketika menghadapi kondisi macet di ibukota atau sedang pergi berlibur dengan menemukan jalan berliku, tentu menjadi lebih ringan. Selain kendaraan yang irit karena tanpa bahan bakar, pastinya kamu menjadi lebih nyaman serta tidak mudah pegal.

Share

You may also like...