Aneka Kue Basah Tradisional Ini Unik Dan Enak Layak Dicoba

energywatch.co.id – Mencari makanan tradisional saat ini memang sangat langka ditemukan. Terlebih untuk mencari tempat jual kue basah tradisional. Selain proses pembuatannya yang terkesan lebih sulit, kue tradisional memang tidak banyak permintaannya. Bukan karena rasanya yang tidak enak, tapi karena banyaknya warga terutama para remaja yang tidak mengenal jajanan tradisional ini sehingga membuat mereka ragu untuk mencicipinya.

Padahal jika dibandingkan dengan kue di toko, kue basah tradisional tidak ada bandingannya. Rasanya unik dan bikin nagih. Agaknya para traveller kuliner wajib mencicipi jajanan tradisional ini agak bisa disampaikan pada warga Indonesia khususnya remaja bahwa kue basah tradisional ini layak di dijadikan jajanan favorit. Jangan ngaku pecinta kuliner deh kalau belum nyicip kue basah tradisional ini, apa saja? Simak ulasan berikut.

Aneka Kue Basah Tradisional Ini Unik Dan Enak Layak Dicoba

Getuk

Tentu kamu tidak asing dengan nama ini bukan? Ya, seperti lagunya, getuk ini dibuat dari singkong. Jajanan yang berasal dari Jawa Tengah ini rasanya manis dan sedikit gurih dan disajikan bersama parutan kelapa. Cara membuatnya cukup mudah yaitu singkong yang sudah direbus dihaluskan, di beri tambahan santan, gula pasir dan sedikit garam, kemudian dibentuk dan dikukus lagi hingga menyatu.

Klepon

Klepon merupakan jajanan tradisional yang berbentuk bola-bola kecil, di dalamnya terdapat gula merah yang sudah cair lalu dibalut dengan parutan kelapa. Ada satu kepercayaan di Jawa yang mengharuskan seorang Ibu yang bermimpi anaknya tenggelam harus menyediakan klepon untuk dibagikan ke tetangga. Kepercayaan ini masih dilakukan di beberapa daerah sehingga tidak heran jika kue basah tradisional ini masih mudah ditemukan di pasar. Cara membuatnya tidak cukup sulit. Adonan tepung beras ketan dibentuk menjadi bola-bola kecil dan diisi dengan potongan kecil gula merah kemudian direbus hingga matang kemudian diratakan dengan parutan kelapa. Rasanya akan terasa lebih lezat ketika isian klepon tersebut pecah dimulutmu. Emm manis sedap deh!

Kue Putu Aren Bambu

Dinamakan putu aren bambu sebab membuatnya dengan menggunakan bambu. Jajanan ini memang sudah langka ditemukan. Pada masa dulu, orang mengetahui kalau ada yang jual penjual kue putu aren bambu dari suaranya tabungnya yang berbunyi ‘uuuuu seperti kereta api. Warnanya hijau dan terdapat gula merah cair di dalamnya serta disajikan degan parutan kelapa. Sekilas dibayangkan memang hampir sama dengan klepon. Tapi rasa maupun bentuknya sangat berbeda. Kue putu aren bambu rasanya manis, gurih, mempunyai bau yang sedap. Tampilannya kering dibandingkan klepon serta seperti namanya, kue ini dibentuk dari bambu kecil yang bersih.

Lemet

Namanya pasti terdengar asing di telingamu bukan? Ya, kue basah tradisional ini memang sudah sangat langka. Di pasar, jajanan ini hampir tidak pernah ditemukan. Alasannya karena tidak begitu banyak peminat. Padahal lemet ini mempunyai rasa yang khas lho. Terbuat dari singkong parut yang sudah diberi gula merah lalu bungkus dengan daun pisang, membuat jajanan ini terasa manis dan sedap disantap. Jajanan ini juga mengenyangkan dan enak dibawa sebagai camilan karena bentuknya yang memanjang. Wah, jadi pengen ya kalau sudah langka gini!

 

Share

You may also like...