Begini Cara Mendapatkan Listrik Gratis di Masa Pandemi

energywatch.co.id – Pandemi virus Corona telah meluluhlantakkan seluruh dunia. Tidak hanya menyerang kesehatan manusia, dampak penyebarannya yang sangat masif membuat virus ini lebih berbahaya dari virus SARS yang merupakan cikal bakal virus Corona ini.

Protokol pencegahan yang ditetapkan pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus ini adalah dengan berdiam di rumah. Sehingga semua aktivitas di luar rumah ditiadakan hingga minimal dan menggantinya dengan melakukan kegiatan bekerja dari rumah dan belajar dari rumah. Dan jika terpaksa harus keluar rumah, penggunaan masker diwajibkan dan senantiasa mencuci tangan.

Bahkan kegiatan pulang kampung yang biasa dilakukan oleh pekerja yang berada di luar kota juga ditiadakan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini bertujuan untuk melokalisir virus yang ada dan tidak menjadi carrier virus tersebut ke daerah lain.

listrik gratis di masa pandemi

Bagi sebagian orang, aturan bekerja dari rumah dapat dengan mudah dilakukan. Namun tidak halnya dengan para pekerja informal maupun pelaku UKM. Aturan dilarangnya masyarakat keluar rumah, membuat kondisi ekonomi mereka terpuruk. Para pedagang harian, kios-kios makanan di pinggir jalan, hingga supir-supir taksi merasakan dampaknya.

Pekerjaan mereka tidak bisa dilakukan dari rumah, dan mereka pun tidak mendapatkan penghasilan karena sepi meski melanggar aturan pemerintah dengan tetap keluar bekerja seperti biasa. Pemerintah pusat mencoba mengantisipasi keadaan ini dengan memberikan bantuan listrik gratis selain bantuan sembako selama beberapa bulan.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) di bawah kordinasi dengan pemerintah pusat memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak dengan memberikan keringanan pembayaran listrik. Bantuan ini disalurkan mulai periode April hingga Juni 2020 (selama 3 bulan) untuk dua kategori pelanggan rumah tangga di seluruh Indonesia:

  1. Pelanggan Daya 450 VA

Untuk jenis pelanggan ini, PLN menggratiskan biaya listrik. Ada 24 juta pelanggan yang teridentifikasi mendapatkan bantuan penggratisan ini.

  1. Pelanggan 900 VA

Jenis pelanggan ini terbagi dua, Rumah Tangga Mandiri (RTM) dan Rumah Tangga (RT).

Diskon 50% diberikan kepada pelanggan Rumah Tangga (RT) yang berjumlah 7 juta pelanggan.

Baca Juga : Harga Jual Jasa Vector Masih Terjangkau

listrik gratis

Silahkan Anda cek tagihan listrik Anda bulan lalu dan perhatikan kode rincian pelanggan listrik yang mendapat pembebasan biaya listrik atau diskon 50%

R1/450 VA (gratis)

R1T/450 VA (gratis)

R1/900 VA (diskon)

R1T/900 VA (diskon)

Sedangkan pelanggan di bawah ini tidak mendapatkan diskon 50%

R1M/900 VA

R1MT/900 VA

Berita ini sungguh menjadi oase bagi kedua jenis pelanggan tersebut. Bagaimana tidak, kedua jenis pelanggan tersebut adalah pelanggan yang sudah dipastikan merupakan kategori masyarakat pra sejahtera. Sehingga pembebasan tagihan listrik hingga diskon 50% sangat membantu meringankan sedikit kesulitan mereka saat ini. Jangankan untuk membayar tagihan listrik, dengan tidak adanya pekerjaan, kelompok prasejahtera ini terancam kelaparan.

Lalu, bagaimana caranya kedua tipe pelanggan ini bisa mendapatkan fasilitas? Ada dua cara yang bisa dipilih oleh pelanggan:

  1. Dari Website PLN (www.pln.co.id)

  • Anda harus masuk ke website PLN di atas, dan masuk ke menu pelanggan. Di sana ada pilihan stimulus Covid-19
  • Langsung Anda masukkan nomor  ID pelanggan atau nomor meter sampai kemudian token gratis akan ditampilkan di layar
  • Token gratis tersebut kemudian Anda gunakan ke meteran seperti biasa.
  1. Melalui no WhatsApp resmi PLN : 08122-123-123

  • Buka aplikasi whatsapp Anda
  • Langsung ke chat ke no whatsapp PLN di atas.
  • Ikuti instruksi yang diberikan seperti memasukkan nomor ID pelanggan
  • Jika Anda termasuk dalam kategori yang mendapatkan insentif, Anda akan menerima token gratis
  • Masukkan token tersebut ke meteran Anda

cara dapat token listrik gratis

Selain kategori rumah tangga di atas, PLN juga memberikan subsidi listrik kepada pengusaha kecil dengan detail sebagai berikut:

  1. Pemberian listrik gratis selama 6 bulan untuk pelanggan 450 VA

Kategori ini menyasar dua kelompok:

  • Bisnis skala kecil (B1) dengan daya 450 VA
  • Industri skala kecil (I1) dengan daya 450 VA
  1. Pelanggan prabayar dan pascabayar:

  • Untuk pelanggan B1 dan I1 prabayar, bisa mendapatkan token gratis selama bulan Mei – Oktober 2020. Dasar perhitungannya adalah pemakaian bulanan tertinggi dari 3 bulan terakhir (Desember 2019 – Februari 2020)
  • Untuk pelanggan B1 dan I1 pascabayar, tagihan di bulan Mei – Oktober 2020 akan otomatis menjadi nol rupiah.
  1. Cara mendapatkannya:

Teknis mendapatkannya tidak berbeda dengan kategori rumah tangga. Bisa melalui website maupun whatsapp resmi PLN.

Kebijakan listrik gratis dari pemerintah pusat diharapkan bisa menjadi bantalan sosial sementara untuk masyarakat rumah tangga maupun pelaku UKM hingga kondisi wabah mereda. Dengan demikian mereka tidak menjadi lebih miskin dari keadaan sebelum pandemi. Dan semoga, bantuan tetap diberikan hingga masyarakat bisa mandiri kembali di mana waktu yang diibutuhkan diprediksi lebih dari 6 bulan.

 

Share

You may also like...