Berkenalan dengan Beberapa Perusahan Migas Terbesar di Indonesia

Pada bulan September tahun 2020 lalu, ada sebanyak 706.200 bph (barel per hari) lifting minyak di Indonesia yang tercatat oleh SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan USaha Hulu Minyak dan Gas Bumi). Angka tersebut menjadi bukti bahwa lifting minyak yang ditargetkan sebesar 705.000 bph dalam APBNP (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan) mengalami kenaikan tipis. 

Lantas, perusahaan migas mana saja yang mencatatkan produksi terbanyak di tahun tersebut? Penasaran bukan? Mari cari tahu informasinya melalui profil beberapa perusahaan migas yang ada di Indonesia berikut ini!

Profil Beberapa Perusahaan Migas yang Ada di Indonesia

Indonesia memiliki kekayaan alam melimpah, salah satunya adalah ladang minyak dan gas bumi yang tersebar di beberapa penjuru wilayahnya. Tidak heran apabila saat ini Indonesia berhasil menempati peringkat teratas di dunia sebagai penghasil minyak mentah yang mencapai 4,4 miliar barrel. Indonesia juga menjadi negara ke 21 yang memiliki cadangan minyak melimpah dan menjadi negara yang berhasil memproduksi 1 juta BOPD (Barrel Oil Per Day). Dan berikut ini beberapa perusahaan migas terbesar yang saat ini ada di Indonesia.

1. PT Chevron Pacific Indonesia

PT Chevron Pacific Indonesia bertugas mengeksplorasi minyak yang ada di Riau. Perusahaan ini juga merupakan anak perusahaan dari Chevron yang mana sebelumnya bernama Caltex Pacific Indonesia. Ada empat kota di Riau yang menjadi wilayah operasi Chevron, yaitu Rumbai, Minas, Duri dan Dumai. Perusahaan ini juga sudah memproduksi 2 miliar barel sehingga menempatkannya dalam deretan nama perusahaan migas terbesar di Indonesia. 

2. PT Pertamina EP

PT Pertamina EP merupakan anak perusahaan Pertamina yang berdiri sejak tahun 2005. Anak perusahaan ini secara khusus ditugaskan untuk mengeksplorasi, mengeksploitasi dan menjual hasil kegiatan berupa minyak bumi dan gas alam. 

3. PT Exxon Mobil Cepu Ltd

Satu lagi nama perusahaan migas terbesar yang ada di Indonesia, yaitu PT Exxon Mobil Cepu Ltd yang mengeksploitasi blok Cepu di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perusahaan migas ini sudah sejak 123 tahun yang lalu menjalankan operasi di Indonesia dan juga sudah berhasil menemukan cadangan minyak sebesar 450 juta barel.

4. PT Conocophillips Indonesia 

PT Conocophillips Indonesia merupakan anak perusahaan dari ConocoPhillips yang mengeksplorasi dan mengeksploitasi energi berskala internasional. Perusahaan ini merupakan pengilang minyak dan gas terbesar kedua di Amerika Serikat. Adapun peringkat perusahaan ini sebagai pengilang minyak mentah berdasarkan kapasitas ada di peringkat keempat di dunia. 

Beberapa Wilayah di Indonesia yang Menjadi Penyumbang Migas Terbesar

pertambangan

A. Minyak

Berikut ini merupakan beberapa nama wilayah di Indonesia yang menjadi penyumbang minyak terbesar: 

  1. Blok Rokan yang dioperasikan oleh Chevron Pacific Indonesia di Kabupaten Rokan Hilir, Riau. 
  2. Blok Mahakam yang dioperasikan oleh Total E&P Indonesie di lepas pantai Kabupaten Kutai, Kalimantan Timur.
  3. Blok South Natuna Sea ‘B’ yang dioperasikan oleh Conocophillips Indonesia Inc di perairan Natuna Barat, Kepulauan Riau.
  4. Blok Southeast Sumatera yang dioperasikan oleh CNOOC SES Ltd di Laut Jawa, Teluk Jakarta bagian utara.
  5. Blok ONWJ (Offshore Northwest Java) yang dioperasikan oleh Pertamina Hulu Energi (PHE) ONWJ di lepas pantai Kabupaten Indramayu, Subang, Karawang dan Bekasi, Jawa Barat.
  6. Blok Sanga Sanga yang dioperasikan oleh Vico di lepas pantai Kalimantan Timur. 
  7. Blok East kalimantan yang dioperasikan oleh Chevron Indonesia Company di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. 
  8. Blok Jabung yang dioperasikan oleh Petrochina International Jabung Ltd di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Barat, Jambi. 
  9. Blok Ketapang yang dioperasikan oleh Ketapang II Ltd di Pulau Madura, Kabupaten Sampang, Jawa Timur. 
  10. Blok Cepu yang dioperasikan oleh Mobil Cepu Ltd di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

B. Gas Bumi

Sedangkan berikut ini adalah beberapa nama wilayah di Indonesia yang menjadi penyumbang gas terbesar di Indonesia:

  1. Blok Tangguh yang dioperasikan oleh BP Tangguh di Kabupaten Fakfak, Papua Barat.
  2. Blok Mahakam yang dioperasikan oleh Total E&P Indonesie di lepas pantai Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. 
  3. Blok Senoro yang dioperasikan oleh JOB Pertamina-Medco Tomori Sulawesi di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.
  4. Blok Corridor yang dioperasikan oleh Conocophillips Indonesia Inc di Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. 
  5. Blok Natuna Sea ‘A’ yang dioperasikan oleh Premier Oil KTD di perairan Natuna Barat, Kepulauan Riau. 
  6. Blok Natuna Sea ‘B’ yang dioperasikan oleh Conocophillips Indonesia Inc di perairan Natuna Barat, Kepulauan Riau. 
  7. Blok Sanga Sanga yang dioperasikan oleh Vico di lepas pantai Kalimantan Timur.
  8. Blok Offshore North West Java (ONWJ) yang dioperasikan oleh PHE (Pertamina Hulu Energi) ONWJ di lepas pantai kabupaten Indramayu, Subang, Karawang dan Bekasi, Jawa Barat. 
  9. Blok Jabung yang dioperasikan oleh Petrochina International Jabung Ltd di Kabupaten Tanjung Timur dan Barat, Jambi.
  10. Blok Kangean yang dioperasikan oleh Kangean Energy Indonesia Ltd di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. 
Share

You may also like...