Google Analytics, Layanan Statistik untuk Tracking Website Kamu

Sebagai pemilik website, terutama mereka yang menjalakan bisnisnya secara online melalui web, tentu ada banyak hal yang harus dipertimbangkan agar situsnya bisa ramai dikunjungi pengguna dunia maya. Iklan adalah cara yang umum digunakan untuk mengenalkan webnya ke dunia lebih luas. Tapi, mungkin kamu juga harus mempertimbangkan untuk memakai Google Analytics.

Sebagai pebisnis atau pengguna website, tentu melakukan tracking adalah hal yang penting untuk mengetahui sejauh mana web kita sudah berjalan dan dikenal orang. Itulah tugas dari Google Analytics yang disediakan oleh perusahaan mesin pencari terbesar, Google. Buat kamu yang belum tahu layanan itu seperti apa, berikut penjelasan-penjelasannya.

Kamu bisa melihat berapa jumlah pengunjung di Google Analytics

Layanan Google Analytics yaitu sebuah fitur gratis yang diberikan Google yang bisa menampilkan sebuah statistik orang-orang yang sudah mengunjungi sebuah halaman web tertentu. Layanan itu memiliki kemampuan khusus di mana bisa menelusuri data-data orang yang mengunjungi ke sebuah website berdasarkan informasi situs yang diberikan.

Informasi-informasi itu bisa berasal dari sumber-sumber pengunjung, yang asalnya pun dari search engine punya Google atau dari sumber mesin pencari yang lainnya. Selain itu, Analytics Google juga bisa mendapatkan informasi dari berbagai macam sumber iklan, email marketing, halaman pay per klik, serta link yang di dalamnya merupakan file PDF.

Kalau kamu juga memakai fitur Google AdWords, jangan lupa gunakan Google Analytics karena merupakan perpaduan fitur yang tepat. Layanan itu nanti akan memberi analisa bagaimana iklan AdWords memberi keefektifitasnya setelah fiturnya terpasang. Jadi, kamu bisa tahu iklan dan kata kunci apa yang paling sering dipakai oleh pengguna web.

Dengan cara itu kamu akan menjadi semakin gampang mencari keyword apa yang tepat untuk web mau pun blog kamu. Semakin gampang ditemukan, tentu akan semakin cepat kamu mendapatkan banyak pengunjung.

Ada beberapa alasan kenapa kamu harus memakai layanan Google Analytics.

  1. Membantu mengetahui karakteristik pengunjung

Alasan pertama kamu harus menggunakannya yaitu karena fiturnya bisa membantu kamu mengetahui karakteristik pengunjung. Tool ini memungkinkan kamu dengan gampangnya mengetahui bahasa apa yang pengunjung gunakan, lokasi mereka mengakses websitenya, aktivitas apa saja yang mereka lakukan di halaman web kamu, dan perangkat apa yang mereka gunakan untuk mengaksesnya.

  1. Bisa memantau iklan online

Sebagai pelaku bisnis online, sudah seharusnya mereka harus tahu bagaimana caranya meningkatkan penjualannya. Tentu hal itu menjadi inisiatif dalam mengembangkan bisnisnya. Salah satu cara yang bisa dipakai yaitu dengan Google Analytics. Layanan itu membuat kamu semakin gampang menganalisa iklan yang kamu gunakan di websitenya.

Baca juga : Jangan Ragu Jualan Di Toko Online, Ada 5 Keuntungan Yang Bisa Anda Dapatkan

Jadi, kamu bisa semakin paham sebaiknya iklannya diletakan di mana agar bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Hindari penggunaan iklan yang tidak sesuai dengan bisnis kamu sehingga bisa mengurangi biayanya.

  1. Memantau konten web

Alasan terakhir kamu harus memakai layanan Google Analytics yaitu karena toolnya bisa untuk memantau konten web. Kamu yang tahu bagaimana interaksi pengunjungnya, kamu bisa dengan gampang menentukan konten apa yang akan digunakan.

Dari penjelasan-penjelasan di atas, jangan ragu lagi memakai Google Analytics untuk web kamu. Selain bisa menganalisa web kamu, tentu akan memberikan keuntungan lainnya sehingga bisnis yang kamu jalankan bisa membawa profit yang besar.

Share

You may also like...