Ini Dia Daerah Penghasil Minyak Bumi dan Gas Alam Terbesar di Indonesia

Energi alam memang menjadi salah sumber paling penting untuk keberlangsungan beberapa aspek kehidupan masyarakat. Dua 2 jenis energy yang sangat dibutuhkan masyarakat, yaitu minyak bumi dan juga gas alam. Keduanya memang menjadi salah satu sumber daya alam yang sangat penting, di mana ternyata Indonesia sendiri memiliki sumber minyak bumi dan gas alam yang cukup besar. 

Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia 

Beberapa daerah di Indonesia sendiri menjadi penghasil minyak bumi yang cukup besar, di mana tentu saja ini mampu meningkatkan perekonomian negara. Berikut ini adalah daerah di Indonesia yang menjadi penghasil minyak bumi terbesar: 

1. Kalimantan Timur 

Walaupun secara jumlah daerah Kalimantan Timur tidak begitu besar dibandingkan dengan daerah lainnya, namun pasokan dari minyak bumi dari daerah tersebut mampu memenuhi kebutuhan sumber daya alam yang memadai. Pengelola minyak bumi yang ada di Kalimantan Timur adalah Chevron, Total, Vico dan Medco. 

Dalam sehari kilang minyak bumi yang ada di Kalimantan Timur mampu menghasilkan 134.626 barrel, dengan jumlah minyak mentah sebanyak 60.331 barel dan kondensat sebanyak 74.925 barrel. Daerah di Kalimantan Timur yang dikenal mempunyai jumlah minyak bumi yang besar adalah Kutai, Mamburungan, Sanga-Sanga dan Mahakam. 

2. Irian Jaya Barat 

Daerah yang satu ini mempunyai luas sekitar 410.660 km², di mana tentu saja ini membuat Irian Jaya Barat menjadi daerah paling luas se-Indonesia. Maka sudah pasti tidak kaget jika daerah ini memiliki minyak bumi dalam jumlah sangat melimpah. Dalam sehari, sekitar 14.812 barel minyak bumi dihasilkan dari daerah ini. 

Di mana diantaranya minyak mentah yang dihasilkan sekitar 8.243 barrel dan 6.568 barrel untuk kondensat. Dengan jumlah sebanyak itu, sudah jelas bahawa Irian Jaya Barat mampu menjadi salah satu pemasok minyak bumi. Perusahaan yang menangani minyak bumi di daerah tersebut adalah Petrochina, Petroleum dan Pertamina. 

3. Jawa Timur 

Pulau Jawa pun juga memiliki sumber minyak bumi yang cukup besar, di mana provinsi di Jawa yang paling banyak menghasilkan sumber daya alam tersebut adalah Jawa Timur. Adapun beberapa daerah di Jawa Timur adalah Cepu, Gresik, Tuban, Bawean, Madura Barat dan Brantas. Daerah-daerah tersebut menyimpan cukup sumber daya alam minyak bumi. 

Dalam sehari Jawa Timur mampu menghasilkan 52.616 barel minyak bumi, di mana diantaranya 52.290 barrel berupa minyak mentah dan sisanya berupa kondesat. Untuk perusahaan pengelola minyak bumi di Jawa Timur sendiri cukup banyak seperti Petrochina, Hess, Pertamina, Total, Kangean Energy, dan Kodeco Energy. 

4. Riau 

Provinsi lain yang juga mempunyai minyak bumi dalam jumlah yang sangat besar adalah Riau. Di mana dalam sehari Provinsi Riau mampu menghasilkan 365.837 barrel. Jumlah tersebut memenuhi se pertiga produksi minyak bumi yang ada di Indonesia. Jumlah minyak mentah yang dihasilkan sendiri mencapai angka 359.777 barrel dan sisanya adalah kondesat. 

Keunggulan dari minyak bumi yang ada di Riau sendiri adalah yang terbaik kualitasnya di Indonesia dan merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Hal ini sendiri karena minyak bumi yang dihasilkan memiliki viskositas yang sangat baik. Pengelola minyak bumi di Riau sendiri dipegang oleh Chevron, Pertamina, Petroselat dan Siak Pusako. 

Selain daerah yang sudah disebutkan masih ada daerah lain yang juga menjadi penghasil minyak bumi di Indonesia, seperti Sumatera Selatan dan juga Laut Jawa. 

Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia 

gas alam

Tidak hanya minyak bumi saja, gas alam juga menjadi sumber daya yang penting bagi Indonesia. Di bawah ini sendiri adalah daftar daerah yang menjadi penghasil gas alam terbesar di Indonesia: 

1. Sumatera Selatan 

Selain menjadi daerah penghasil minyak bumi, Sumatera Selatan juga menyimpan gas alam dalam jumlah berlimpah. Anda dapat menemukan produksi gas alam di daerah Musi Banyuasin, di mana sumber tersebut menjadi salah satu yang paling produktif di SumSel. Tentu saja adanya gas alam ini diharapkan agar bisa mensejahterakan rakyat. 

2. Kepulauan Riau 

Penghasil gas alam selanjutnya yang juga menyumbang sangat besar untuk negara adalah Kepulauan Riau. Selain memiliki pemandangan alam yang sangat indah, Kepulauan Riau sendiri juga mempunyai kekayaan alam yang berlimpah hingga saat ini sendiri Riau menghasilkan gas alam yang cukup untuk digunakan oleh masyarakat sehari-hari. 

3. Jawa Barat 

Tidak hanya sebagai penghasil gas alam saja, tetapi Jawa Barat juga menghasilkan gas cair atau LGN yang sering digunakan dalam industri. Tentu saja ini menjadi salah satu kekayaan alam yang sangat membantu pemerintah untuk bisa mensejahterakan masyarakat Indonesia. Hasil gas alam sendiri dikelola oleh Pertamina dan PGN. 

Itulah beberapa daerah penghasil minyak bumi dan juga gas alam terbesar dari Indonesia. Kedua komoditi tersebut memang menjadi aset berharga bagi negara karena mampu memberikan keuntungan besar yang tentu saja sangat membantu masyarakat agar kesejahteraan dapat merata. 

Share

You may also like...