Inilah 3 Perusahaan Tambang Milik Negara

Perusahaan tambang yang ada di Indonesia merupakan salah satu sektor paling penting karena sebagai penunjang untuk berbagai faktor di dalam kehidupan negara ini. Karena perusahaan tersebut bisa memproduksi sumber daya alam dan juga kandungan mineral, seperti mineral logam, pengelolaan bahan bakar, serta bebatuan. Kegiatan perusahaan pertambangan meliputi penelitian, penyelidikan, eksplorasi, pengelolaan, pemurnian, studi, pengangkutan dan penjualan. Seluruh aktivitas tersebut untuk mengelola sumber daya alam yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan. 

Selain itu, aktivitas setelah penambangan berupa pengawasan dan pelestarian lingkungan yang dilakukan secara berkelanjutan. Pastinya rangkaian proses industri pertambangan harus dilakukan dengan benar dan juga sesuai dengan ilmu pertambangan yang sudah berlaku selama ini. Sehingga tidak bisa sembarang orang melakukannya. 

 

Menurut peraturan negara yang ada di Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009, Pertambangan mempunyai beberapa kelompok yaitu pertambangan mineral, pertambangan logam, radioaktif, pertambangan batuan dan pertambangan mineral yang bukan logam. Pertambangan mineral dan batuan termasuk dalam lima komoditas tambang yakni mineral, mineral logam, mineral bukan logam, radioaktif, batuan dan batubara. 

Sebenarnya ada banyak sekali perusahaan tambang yang ada di Indonesia yang telah menyumbang dan juga berkontribusi untuk membangun bangsa ini. Berikut ini daftar perusahaan tambang yang ada di Indonesia. 

1. PT Pertamina (Persero) 

Seperti kita tahu jika pertamina menjadi perusahaan tambang milik negara yang sangat besar. Produknya juga sangat bersahabat dengan masyarakat Indonesia sejak dahulu. Beberapa produknya seperti, gas, pelumas, bahan bakar minyak, dan sejenisnya. Perusahaan ini bergerak dalam bidang industri minyak dan gas terbesar se-Indonesia yang sudah ada sejak 10 Desember 1957. Memiliki kantor pusat di Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta. Pertamina merupakan transformasi dari PN Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Nasional dan telah menguasai pendirian SPBU di seluruh Indonesia hingga tahun 2000. 

Perusahaan yang berpusat di Jakarta ini telah mengelola sebanyak tujuh kilang minyak dengan total kapasitas sebesar 1.051,7 MBSD, mempunyai pabrik petrokimia yang berkapasitas sebesar 1.507.950 ton untuk setiap tahunnya, dan ada pula pabrik LPG dengan jumlah kapasitas hingga 102,3 juta ton per tahun. 

 

Selain itu, ada pula produk olahan dari perusahaan Pertamina ini yaitu bahan bakar non minyak, bahan bakar minyak, gas, petrokimia dan pelumas. Masih ada bukti jika Pertamina adalah perusahaan terbesar untuk pengolahan gas dan minyak yaitu dengan memiliki banyak sekali anak perusahaan di hampir semua bidang industri cabang. Beberapa anak perusahaan Pertamina yaitu PT Pertamina Drilling Service Indonesia, PT Pertamina EP Cepu, PT Pertamina EP, PT Pertamina Nusantara Regas, PT Pertamina Geothermal Energy, PT Pertamina Hulu Negeri, PT Pertagas, PT Pertamina Patra Niaga, PETRAL, PT Pertamina Trans Kontinental, PT Pertamina Tugu Indonesia, PT Pertamina Retail, PT Pertamina Dana Ventura, PT Patra Jasa, dan PT Pertamina Bina Medika, dan masih banyak lagi. 

perusahaan tambang

2. PT Bukit Asam Tbk (PTBA) 

PT Bukit Asam yang dahulunya bernama PN TABA saat ini sudah berubah nama sesudah menjadi Perseroan Terbatas. Di tahun 2002, perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan batu bara ini juga telah hadir di bursa saham, PTBA juga memiliki beberapa anak perusahaan yaitu PT Bukit Asam Prima, PT Bukit Pembangkit Innovative, PT Bukit Energi Investama, dan masih banyak lagi. 

Saat ini Inalum telah menjadi pemegang saham terbesar perusahaan ini dengan total sebesar 65,93 persen dan 30,37 persennya lagi ditujukan untuk publik. Nilai kapasitas pasar PTBA juga dibilang sangat besar yaitu mencapai Rp 28 triliun di bulan Maret 2020. Selain itu, perusahaan ini juga telah sukses membukukan laba sebanyak Rp 4 triliun, meskipun pada saat itu di tahun 2019 kondisi pertambangan batu bara sedang lesu. 

3. PT Aneka Tambang Tbk 

Untuk kamu yang suka berinvestasi emas tentunya sudah tidak asing lagi jika mendengar nama dari perusahaan tambang yang satu ini bukan? Ya, PT Aneka Tambang Tbk adalah salah satu anak dari perusahaan BUMN pertambangan Inalum yang telah berdiri sejak tanggal 5 Juli 1968. Untuk aktivitas dari perseroan ini sendiri sudah mencakup penambangan, eksplorasi, pengolahan dan juga pemasaran dari sumber daya mineral. 

Pendapatan perseroan ini melalui aktivitas penemuan dan eksplorasi deposit mineral, pengolahan mineral secara ekonomis, dan juga penjualan hasil pengolahan tersebut kepada konsumen jangka panjang yang ada di Asia dan Eropa. Aktivitas tersebut ternyata sudah berlangsung sejak perusahaan tersebut didirikan tahun 1968. 

Produk utama dari Antam adalah bijih nikel yang berkadar rendah (limonit), bijih nikel dengan kadar yang tinggi atau emas, perak, feronikel, saprolit dan bauksit. Jasa utama dari perusahaan ini adalah mengolah dan memurnikan logam mulia serta jasa geologi. 

Demikianlah tiga perusahaan tambang negara yang harus kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan pembaca lainnya. 

Share

You may also like...