Inilah 3 Wilayah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia

energywatch.co.id – Indonesia merupakan negara dengan total cadangan gas alam terbesar ke-11 di dunia menurut U.S Energy Information Administration pada tahun 2006 lalu. Dengan memiliki wilayah yang luas dan didukung dengan kaya akan sumber daya hewani dan nabati, yang membuat Indonesia dinilai pantas memiliki cadangan gas alam terbesar di dunia.

Gas alam memiliki sifat mudah terbakar dan juga mempunyai massa jenis yang jauh lebih ringan dari udara yang ada di sekitar. Itulah yang menjadi alasan mengapa berbahaya ketika terjadi kebocoran pipa di wilayah pertambangan, karena sangat memungkinkan terjadi ledakan bila terkena api. Tapi dari kekurangan gas alam di atas, gas alam memiliki banyak sekali manfaat terlebih sumber energi alternatif karena memiliki sifat yang ramah terhadap lingkungan.

Sumber energi dengan jenis gas alam ketika dijual umumnya dikenal dalam 2 bentuk yaitu LNG (Liquefied Natural Gas) dan LPG (Liquefied Petroleum Gas). LNG memiliki komposisi dominan etana dan metana, sedangkan LPG lebih dominan butana dan propana. Berikut ini 5 wilayah dengan penghasil gas alam terbesar yang ada di Indonesia, mari disimak.

  1. Kalimantan Timur

Bukan tanpa alasan mengapa wilayah ini berada di urutan pertama, karena Kementerian ESDM yang menobatkan Kalimantan Timur menjadi daerah paling besar dalam menghasilkan gas alam di Indonesia. Terkenal dengan titik blok Mahakam yang menyimpan banyak kekayaan gas alam ini, Kalimantan Timur menjadi supplier bahan baku untuk beberapa perusahaan seperti Pupuk Kaltim (PKT) dan Badak LNG.

Dengan melimpahnya sumber energi gas alam di Kalimantan Timur membuat negara lain menginginkan adanya sumber energi yang ramah terhadap lingkungan untuk kebutuhan penduduk di masing-masing negara tersebut.

Baca Juga : Apa itu Energi Alternatif?

  1. Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan ada di peringkat ke-2 sebagai wilayah penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Daerah yang menjadi sumbernya yaitu di Kabupaten Musi Banyuasin yang terkenal sebagai tempat penghasil gas alam di Sumatera Selatan.

ilustrasi musi banyuasin

Pada tahun 2016 lalu Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin membangun kurang lebih 10.000 pipa penyalur gas alam untuk mensupport kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut.

  1. Papua Barat

Rasanya tidak heran jika Papua Barat menjadi salah satu wilayah penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Karena terdapat beberapa titik di wilayah Papua Barat yang memiliki kandungan gas alam yang luar biasa besar, salah satunya yang berada di Teluk Bintuni.

ilustrasi teluk bintuni

Terdapat pusat pertambangan LNG Tangguh sebagai pengolah gas alam cair milik pemerintah di sana yang menurut informasi memiliki cadangan gas alam sebesar 500 miliar meter3. Dengan melimpahnya sumber daya di Papua Barat, bahkan Indonesia dipercaya mampu bertahan menjadi salah satu negara supplier gas alam paling besar di dunia.

Share

You may also like...