Kredit Cepat : Apa Saja yang Harus Diketahui ?

Tidak selamanya kondisi ekonomi seseorang berada diatas awan, ada kalanya Ia akan jatuh. Dalam situasi sulit keuangan pastinya membutuhkan dana, untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari. Hanya mengandalkan pendapatan saja tidak cukup, maka mau tidak mau harus mengajukan kredit cepat. Jenis kredit ini tidak memerlukan persyaratan yang memberatkan, bahkan tanpa adanya jaminan. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya. 

Ajukan Kredit Tanpa Ribet dan Langsung Cair 

  1. Tidak Ada Jaminan  

Setiap mengajukan kredit biasanya si pemilik dana menginginkan adanya jaminan atau agunan. Nominal jaminan setidaknya setara dengan jumlah kredit yang hendak diajukan. Mungkin cukup memberatkan sebab anda perlu menyerahkan aset, atau surat berharga untuk menjadi jaminan. Ini sangat beresiko apabila anda tidak sanggup membayar tagihan sesuai kesepakatan. Sehingga anda harus merelakan aset berharga yang sudah menjadi jaminan. 

Lain cerita apabila menggunakan kredit cepat, sebab tidak ada jaminan yang perlu dipertaruhkan. Anda tidak perlu repot memikirkan aset atau surat berharga tertentu, dan mengisi portofolio kredit dengan tenang. Oleh sebab itu inilah yang menjadi alasan mengapa kredit cepat lebih diminati masyarakat. Karena si peminjam dana hanya membayar tagihan sesuai dengan kesepakatan, tanpa embel-embel jaminan di belakangnya. 

kredit cepat tunaiku apps

  1. Berlaku untuk Pinjaman Apapun 

Beberapa jenis kredit yang ada diluar sana hanya berlaku untuk jenis pinjaman tertentu. Misalnya pinjaman untuk kepemilikan rumah, berarti hanya melayani jenis kredit untuk membeli rumah. Inilah yang menjadi perbedaan dengan adanya kredit cepat, sebab anda bisa memakainya untuk keperluan apapun. Dalam satu pengajuan portofolio kredit, si peminjam dana dapat menggunakannya untuk biaya hidup maupun memperbaiki kendaraan. 

  1. Proses Pengajuan Cepat 

Berhubung tidak memerlukan jaminan atau agunan apapun, jadi bisa dipastikan proses pengajuannya sangat cepat. Apalagi beberapa kredit cepat dapat diajukan secara online sehingga prosesnya berlangsung cukup singkat. Asalkan dokumen persyaratan yang diperlukan sudah lengkap, maka dalam waktu 24 jam bisa langsung diproses. Dalam waktu 1-3 hari biasanya dana segera dicairkan. Jadi tidak perlu menunggu hingga berbulan-bulan lamanya. 

  1. Aman dan Terpercaya

Meskipun pengajuannya banyak yang dilakukan secara online, tetapi kredit cepat bisa dipercaya serta aman. Hal ini karena sebagian besar aplikasi kredit cepat sudah terdaftar di OJK. Selain itu ruang pergerakannya diawasi langsung oleh OJK, sehingga kemungkinan melanggar sangat kecil. Aktivitas pinjam meminjam yang diadakan juga sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Belum lagi kredibilitasnya tinggi dan bertanggung jawab saat terjadi resiko. 

  1. Tanpa Slip Gaji 

Di beberapa pinjaman kredit slip gaji diperlukan sebagai syarat utama, untuk mengonfirmasi kesanggupan kredit. Lewat surat keterangan penghasilan ini si pemilik dana akan mempertimbangkan kredit. Namun kredit cepat tidak memerlukan adanya slip gaji saat pengajuan kredit. Hal ini sangat menguntungkan bagi pekerja freelance atau orang-orang yang baru bekerja. Sebagai gantinya anda hanya diminta untuk melampirkan surat keterangan kerja saja. 

  1. Bunga Tetap dan Tanpa BI Checking 

Pada pinjaman tanpa agunan biasanya sistem perhitungan bunga, mengikuti perkembangan suku bunga di pasaran. Namun ada beberapa kredit cepat yang menetapkan besaran bunga setiap bulannya. Pembayaran bunga nantinya dibayarkan hingga masa akhir tenor cicilan, atau bersamaan dengan bayar tagihan. Jadi meskipun anda mengambil pinjaman senilai 6 juta, maka perhitungannya hampir setara dengan pinjaman 15 juta. 

Meskipun begitu dalam kredit cepat tidak ada proses BI Checking, seperti pinjaman kredit yang diajukan lewat bank. Jadi anda tidak perlu takut apabila tidak lolos BI Checking, atau ditolak sistem pengajuannya. Hal ini karena plafon pinjaman yang diberikan tidak begitu besar, tetapi bisa diajukan berkali-kali. Selain itu segmentasi pasar beberapa kredit cepat tidak sama, sehingga proses yang dberlakukan pastinya berbeda. 

  1. Tidak Perlu Syarat yang Ribet 

Kebanyakan pinjaman kredit yang melalui perbankan cukup ribet, harus memenuhi beberapa kelengkapan berkas. Setelah itu harus melalui proses survey terlebih dahulu untuk mengecek persamaan dengan portofolio. Kemudian dilanjutkan dengan adanya sesi interview untuk mengetahui seberapa besar keperluan kredit. Langkah-langkah inilah yang membuat masyarakat semakin malas untuk mengajukan kredit lewat perbankan. 

Beruntung persyaratan yang ribet tersebut tidak akan ditemukan dalam pengajuan kredit cepat di aplikasi Tunaiku. Untuk syarat yang harus dipenuhi hanyalah berstatus WNI, serta dalam range usia 21-60 tahun. Serta memiliki status sebagai pekerja dengan minimal pendapatan 3 juta rupiah. Terakhir mempunyai identitas resmi berupa KTP, serta rekening bank pribadi yang bisa dipertanggung jawabkan. 

Kehadiran kredit cepat di tengah masyarakat nyatanya berhasil meringankan perekonomian. Sebab tidak semua orang dapat mengajukan kredit lewat perbankan, dengan syaratnya yang cukup ribet. Tidak ada yang tahu kapan himpitan keuangan akan datang, yang pasti kredit cepat bisa menjadi solusi alternatif.

Share

You may also like...