Melihat Beberapa Sumber Energi Listrik Tanah Papua

energywatch.co.id – Siapa yang tidak mengenal Pulau Papua?dikenal sebagai keindahan alamnya dan kekayaan alamnya membuat banyak dikenal oleh masyarakat dunia. Tidak hanya itu saja, Papua kaya akan budaya yang melengkapinya. Sehingga membuat Pulau tersebut menjadi spesial dibandingkan dengan pulau lainnya di Indonesia. 

Tetapi dibalik keindahannya tersebut membuat Pulau Papua banyak berbagai permasalahannya, karena ada berbagai persoalan yang berbeda. Salah satunya adalah terkait dengan penerangan listrik. Untuk itulah hal ini masih fokus utama pemerintah melalui PLN untuk menerangkan Pulau Papua. Untuk lebih lengkapnya, simak pembahasannya. 

Papua dan Permasalahan Listrik 

Pulau Papua memiliki berbagai persoalan yang masih menjadi fokus utama Pemerintah Indonesia sampai sekarang. Karena ada berbagai persoalan dan tantangan yang harus dihadapi, diantaranya listrik yang masih menjadi kendala utama. Karena belum menyeluruhnya penerangan di wilayah tersebut. 

Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor dan kendala lapangan yang berbeda dengan pulau lainnya, baik dari letak geografis, medan pembangunan, sulitnya pengiriman, distribusi. Beberapa permasalahan diatas masih menjadi tantangan bersama PLN untuk memajukan dan mengaliri listrik setiap rumah. 

Dengan begitu, kegiatan tersebut harus ada penyelesaian dan solusi konkrit yang dapat memberikan manfaat untuk warga Papua. Sampai sekarang beberapa solusi sudah ditemukan dan masih dalam proses pembangunan dan pengembangan. Berikut ini beberapa sumber listrik yang ada di Pulau Papua, simak pembahasannya lebih lengkap. 

Listrik Pulau Papua

Setelah membahas persoalan diatas membuat Pulau Papua banyak mengalami berbagai masalah dan persoalan. Hal inilah membuat Pulau tersebut sulit untuk cepat dalam berkembang. Tetapi bukan berarti tidak ada penerangan, ada beberapa sumber pembangkit listrik yang dapat menerangi sebagian Papua. 

Berikut ini beberapa penerangan yang ada di Pulau Papua, simak ulasannya!

1. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Orya Genyem 

Untuk kebutuhan listrik di wilayah Jayapura, Papua pemerintah Indonesia bersama dengan PLN membuat PLTA untuk memenuhi pasokan listrik wilayah sekitar. Kapasitas yang terpasang dalam pembangkit listrik tersebut sebesar 2×10 megawatt (MW). Dengan kapasitas tersebut dapat membantu menerangi warga yang ada di Kabupaten Jayapura, Papua. 

Lokasinya berada di Nimbotong, Unurum Guay, Kabupaten Jayapura yang mana membutuhkan pasokan listrik untuk penerangan warga. PLTA tersebut diharapkan dapat membantu penerangan, menghidupkan perekonomian warga dan tercipta nya kemajuan berbagai teknologi. 

2. Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTMG) Jayapura 

Selanjutnya membahas mengenai listrik tegangan tinggi yang pertama di Papua dengan kapasitas listrik yang besar. Sebelumnya tenaga listrik gas di Jayapura ini memiliki kapasitas sebesar 30 MW, namun adanya peningkatan mendapatkan daya sebesar 50 MW. Hal ini didasari oleh pembangunan SUTT 150 kv dan GI. 

sumber energi listrik di papua

Pembangunan dan peningkatan listrik tersebut diharapkan dapat membantu peningkatan pertumbuhan ekonomi di Papua dan mengajak para investor untuk menanamkan modalnya. Selain itu peningkatan ini dapat membantu beberapa wilayah lainnya di Papua. Seperti di Jayapura, Genyem, dan Sentani. 

Baca Juga : Pemanfaatan dan Penjelasan dari Bioetanol, Biodiesel dan Biogas

3. Energi Baru dan Terbarukan 

Memasuki awal tahun 2020 kemarin, pemerintah bersama dengan Perusahaan Listrik Negara atau PLN terus berupaya untuk menerangkan wilayah Papua dan Papua Barat. Ada banyak program dan inovasi baru untuk menerangi Pulau Papua. Salah satunya adalah dengan instalasi EBT atau memanfaatkan tenaga surya untuk sumber listriknya. 

Hal ini dibutuhkan untuk mengatasi persoalan medan yang sulit dan letak geografis yang berbukit membuat pembangunan terhambat. Adanya listrik terbarukan dengan tenaga surya dapat memberikan penerangan untuk wilayah pelosok atau terisolir dengan telah mencapai hampir 100 persen. Sebelumnya tahun 2018 sudah lebih dari 95 persen penerangannya. 

4. Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE)

Tidak hanya dilakukan oleh PLN saja, salah satu kementerian ESDM memberikan bantuan percepatan penerangan di wilayah Papua dan Papua Barat. Kegiatan tersebut dapat memberikan peranan pemerintah untuk mengaliri listrik di seluruh wilayah di Pulau Papua tersebut. Dengan begitu dapat tercapainya penerangan 100 persen 

Adanya program ini dapat membantu PLN untuk mengaliri listrik dalam setiap perumahan warga di beberapa desa yang ada di Papua dan Papua Barat. Adanya program ini dapat memenangkan lebih dari 410 antrian pemasangan listrik dan meningkatkan rasio listrik telah mencapai hampir keseluruhan dapat dibilang kurang dari 2 persen saja. 

Sebenarnya bukan hanya itu saja yang menjadi sumber pemasok listrik di wilayah Papua dan Papua Barat. Ada beberapa Listrik tenaga mini hidro, saluran udara tegangan tinggi,  beberapa gardu induk yang tersebar di Papua dan Papua Barat. Tetapi Pemerintah Indonesia terus berupaya memberikan penerangan menyeluruh untuk seluruh Pulau Papua. 

Salah satu alternatifnya dengan terus memanfaatkan energi terbarukan dan memanfaatkan sumber daya alam terdekat yang memperhitungkan aspek pembangunannya. Dalam hal ini melihat persoalan sulitnya medan dan letak geografis yang berbukit. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia bersama PLN terus berinovasi. 

Demikianlah beberapa pembahasannya, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda kedepannya. 

 

Share

You may also like...