Perbandingan Nyata Mobil diesel dan Mobil Bensin, Mana Lebih Irit?

Jika ada diluncurkannya mobil keluaran terbaru entah dari pabrikan apapun, selain menghadirkan teknologi yang super canggih serta ramah lingkungan, mereka juga turut menawarkan kendaraan yang hemat bahan bakar. Penawaran seperti ini pastinya untuk bisa menarik para peminat konsumen yang sedang mencari kendaraan hemat bahan bakar.

Terdapat dua jenis mesin yang paling familiar serta bisa dijadikan pilihan yang tepat bagi para calon konsumen, yaitu kendaraan mobil diesel dan mobil bensin. Dari kedua jenis mesin kendaraan ini tentu memiliki begitu banyak perbedaan serta mekanisme kerja mesinnya. Salah satunya dari sisi penggunaan bahan bakar. 

Akan tetapi jika diukur perbandingan dalam penggunaan bahan bakar tentu mobil bermesin diesel jauh lebih hemat daripada menggunakan mesin bensin. Meskipun begitu, fakta di lapangan juga menunjukkan bahwa mobil bensin keluaran baru saat ini telah dilengkapi oleh teknologi canggih yang tentunya sedikit banyak bisa membuat  kemajuan pada aspek irit bahan bakar.

Suparna selaku kepala bengkel Auto2000 Cilandak, sempat menjelaskan bahwa mesin diesel tentu lebih hemat dibanding mobil dengan menggunakan mesin bensin. Kondisi ini dikarenakan oleh 2 hal yang terdapat pada jantung pacu jenis diesel. 

Pertama “Dikarenakan pada mesin diesel umumnya menggunakan kompresi yang jauh lebih tinggi. Hal ini membuat power yang dihasilkan juga jauh lebih besar per cc bahan bakar,” pungkas Suparna.

Suparna menjelaskan kembali, efisiensi thermis pada mesin diesel juga menjadi lebih bagus. Lalu yang kedua adalah, dikarenakan solar memiliki kandungan kalori yang lebih besar jika dibandingkan dengan bensin.

 “Sehingga, untuk per liter solar bisa menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar. Hal  tersebut akan membuat mesin solar lebih irit ketika memakan bahan bakar jika dibandingkan dengan mesin,” ujarnya.

Tidak hanya penggunaan bahan bakar yang lebih hemat saja, faktanya mobil mesin diesel dikenal lebih tangguh dan kuat dari pada mobil yang mesinnya menggunakan bensin. Suparna pun membenarkan hal tersebut, salah satu buktinya adalah setiap mobil yang menggunakan mesin diesel umumnya memasang tipe mesin long stroke.

 “Mesin dengan jenis seperti ini dapat menimbulkan torsi yang jauh lebih besar dibanding kebanyakan mesin bensin yang umumnya menggunakan mesin square,” pungkasnya.

Perbedaan Antara Mobil Diesel dan Mobil Bensin

mobil

Hingga kini tersedia begitu banyak jenis atau varian mesin kendaraan yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan dari setiap konsumen, khususnya pada jenis mesin bensin dan mesin diesel. Fakta dilapangan membuktikan bahwa kendaraan dengan mesin bensin lebih banyak digunakan oleh masyarakat dibanding mesin diesel.

Mempunyai begitu banyak perbedaan, mesin mobil yang mana yang lebih unggul? Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Harga

Jika dilihat dari harganya, tentu kendaraan mesin diesel lebih mahal dibanding mobil bensin. Hal ini disebabkan oleh material mesin diesel cenderung harus kuat, membuat biaya yang harus dibayar pun juga lebih besar. Khususnya pada bagian mesin tertentu seperti kepala dan blok silinder, bila tidak menggunakan material yang kuat, akan susah bertahan apalagi dengan kompresi diesel yang tinggi.

2. Bahan Bakar Mobil

Untuk mobil diesel penggunaan bahan bakarnya adalah solar, sedangkan mobil bensin tentu menggunakan bahan bakar bensin.

Pada mesin diesel, elemen dikompresi dahulu serta bahan bakar disuntikan sebab udara memanas ketika dikompresi, membuat bahan bakar menyala. Sedangkan untuk mesin yang menggunakan bensin, bahan bakarnya dicampur oleh udara, lalu dikompresi dengan piston setelah itu dinyalakan oleh percikan api dari busi.

3. Performa Kedua Mesin

Dilihat dari sisi kekuatan, power mesin diesel memang lebih unggul dibanding mesin bensin. Jika kamu memperhatikan mobil besar seperti truk atau bus di jalan, keduanya sanggup berjalan dengan beban yang berton-ton.

Tidak hanya itu, bus dan truk bisa menempuh perjalanan yang cukup panjang beserta medan yang sebenarnya sulit untuk dilalui. Sedangkan untuk mesin bensin mempunyai kelebihan dari segi responsive dan akselerasi kendaraan.

4. Perawatan Mesin

Walaupun kendaraan dengan mesin diesel terlihat tangguh dan kuat, tapi cara perawatannya tidak bisa asal-asalan. Kinerja mesin diesel serta sistem pembakaran yang lebih kompleks menjadikan mesin lebih cepat kotor, maka perawatannya pun harus rutin dilakukan.

5. Irit Bahan Bakar

Apabila dilihat dari sisi keiritan bahan bakar, tentunya mesin diesel sudah dikenal dengan penggunaan bahan bakar yang lebih efisien. Dengan bahan bakar yang minim bisa diolah menjadi tenaga yang besar dan maksimal.Selain itu, harga solar pun lebih murah dari bensin.

6. Keamanan

Mobil dengan mesin diesel saat ini sudah dilengkapi oleh teknologi yang super canggih serta membutuhkan sistem kelistrikan yang lengkap. Meski tahan terhadap bencana banjir, namun tetap disarankan agar menghindari dan jangan memaksakan menerjang banjir dengan kecepatan tinggi jika tidak, pecahan air dapat masuk ke dalam mesin.

Jauh berbeda dengan kendaraan menggunakan bensin, komponen listrik yang ada di dalam mobil diesel lebih banyak, seperti adanya busi, electronic control unit (ECU), serta aki membuat mesin bisa berakibat fatal jika kemasukan air.

Share

You may also like...