Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia

energywatch.co.id – Kehadiran mobil listrik di Indonesia menandakan bahwa kemajuan teknologi semakin berkembang dan telah memberikan berbagai inovasi yang fantastis untuk dinikmati. Mobil listrik adalah kendaraan roda empat pada umumnya, tetapi menggunakan baterai atau sel bahan bakar yang mampu menghasilkan listrik dan menggunakannya.

Pada perkembangannya kemunculan mobil listrik memang sudah ada pada abad ke 19 dan 20, tetapi karena kalah tenar membuat pamor dari mobil listrik tenggelam. Dewasa ini tren mobil listrik terus mengemuka dan mulai dilirik oleh banyak mata, kehadirannya membuat pecinta otomotif terkesima dengan interior dan teknologinya yang memukau.

Berikut Beberapa Hal yang Harus Diketahui dari Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia

Sejarah Mobil Listrik di Indonesia

Teknologi mobil listrik memang sudah lama ada dan kemunculannya mulai dikenal masyarakat Amerika dan Eropa pada abad ke 19 – 20. Kehadirannya pun menuai banyak tantangan dan terjadi pasang surut yang pada akhirnya era sekarang mulai mendapatkan panggung kembali.

Sejarah perkembangan mobil listrik pertama kali dibuat oleh Karl Benz tahun 1885, namun sebelumnya beberapa tahun kebelakang teknologi mobil listrik sudah ada. Tepatnya di tahun 1832 Robert Anderson membuat mobil roda tiga dengan mesin bertenaga listrik pertama didunia dan beliaulah orang pertama pencetus teknologi mobil listrik.

sejarah mobil listrik

Perkembangan mobil listrik pada abad ke 18 telah banyak dikembangkan beberapa ilmuwan dunia dari Amerika, Belanda, dan Hungaria. Di Amerika sendiri pada akhir abad 18, mobil listrik yang dibuat oleh William Morrison sukses dengan teknologi tersebut yang dapat mengangkut penumpang 6 orang dan melaju pada kecepatan 22 km/jam.

Tahun 1898 lahirnya teknologi hybrid yang memadukan listrik dan bensin untuk menggerakan mesin, ide tersebut digagas oleh Ferdinand Porsche dengan mobil listrik bernama P1. Memasuki era modern tahun 2009 Pemerintahan Amerika melalui Departemen Energinya memberikan modal senilai 8 miliar untuk perkembangan teknologi mobil listrik. Program tersebut diikuti Nissan, Ford, dan Tesla. Berkat hal tersebut ada beberapa produk yang dapat dinikmati sekarang dan dukungan dari beberapa negara pendukung untuk kemajuan mobil listrik.

Baca Juga : Kredit Cepat : Apa Saja yang Harus Diketahui?

Di Indonesia sendiri sejarah perkembangan mobil listrik memang sudah ada sejak pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono lewat Menteri BUMN waktu itu adalah Dahlan Iskan. Pemerintah Indonesia mengajak anak muda Indonesia dan akhirnya menggandeng Ricky Elson sebagai ahli di bidangnya dan mampu menghasilkan mobil listrik pertamanya. Mobil SELO dan TUCUXI yang dipamerkan di KTT APEC di Bali tahun 2013, berkat dua produk mobil listrik tersebut menjadikan Ricky Elson sebagai pelopor pertama mobil listrik nasional.

Daftar Mobil Listrik Beredar di Indonesia

  1. Nissan

Produk Nissan memang sudah tidak asing didengar oleh masyarakat Indonesia. Berbagai kendaraan roda empat dari perusahaan tersebut sudah banyak dipakai dan dinikmati oleh penduduk Indonesia. Perusahaan otomotif asal Jepang tersebut juga memiliki komitmen untuk menghadirkan teknologi yang ramah lingkungan di Indonesia dan tahun 2020 memungkinkan untuk memproduksi mobil elektrik seperti produknya pada Nissan Leaf.

  1. Tesla

Sudah tidak heran dengan tenarnya brand satu ini?mungkin Anda salah satu pecinta otomotif mobil elektrik. Tidak diragukan lagi perusahaan asal Amerika Serikat ini telah mampu memproduksi mobil listrik dan sudah dipasarkan termasuk di Indonesia, mobil tersebut adalah Tesla Model 3.

mobil listrik tesla

Model 3 merupakan varian termurah dari produk Tesla, hadir di Indonesia dengan berbagai varian dari Standard, Long, dan Performance. Melalui Prestige Motorcars sebagai importir umum menjelaskan bahwa komitmen dan pelayanan harus diberikan maksimal sebagai bentuk pelayanan dan pengalaman untuk pecinta mobil listrik dan kemajuannya.

  1. BMW

Menjadi brand mobil mewah di Indonesia memang sudah lama terlabel pada perusahaan mobil asal Jerman satu ini. BMW sudah lama dikenal sebagai produsen mobil dan melalui berbagai inovasinya mampu menghasilkan mobil listrik khususnya di Indonesia. Lewat pameran GIIAS di ICE, BSD, Tangerang BMW i3S sudah dapat dipesan dengan harga 1,3 Untuk teknologi dan desainnya produk satu ini menggunakan produk yang berkualitas dengan lapisan karbon fiber sebagai rangkanya. Urusan dapur pacunya, mobil i3S ini mampu menghasilkan kecepatan 100 km per jam dalam waktu hanya 6.9 detik saja dan dapat menempuh jarak 260 km dengan keadaan baterai terisi penuh.

  1. DFSK Motors

Perusahaan ini memperkenalkan produk terbarunya untuk pasar di Indonesia dalam keinginan untuk menikmati mobil listrik. Glory E3 menjadi produk andalannya untuk pangsa pasar Indonesia. Menurut Deputi productnya mobil ini memiliki kehematan yang memukau dan dapat dijadikan alternatif pilihan transportasi untuk masyarakat Indonesia, karena cukup dengan token 100 ribu rupiah dengan 66 kwh sudah mampu membuat baterai penuh dan jarak tempuh 405 km.

Untuk kamu yang ingin berhemat dan merasakan sensasi mobil listrik, tidak ada salahnya untuk mencoba produk yang satu ini. Dengan desain dan bentuk yang trendi membuat mobil ini menjadi sorotan dan dapat dijadikan kendaraan untuk sehari-hari.

Nah, menarik begitulah berbagai perkembangan dan produk mobil listrik di Indonesia. Untuk Anda yang sudah tidak sabar untuk mencobanya, mungkin tidak ada salahnya mengganti kendaraan Anda dengan mobil listrik tersebut.

 

Share

You may also like...