Saham Tambang yang Dapat Anda Miliki untuk Investasi Jangka Panjang

Berinvestasi memang menjadi cara yang tepat untuk tabungan masa depan, apalagi jika Anda dapat menemukan investasi yang cocok dengan Anda. Ada beberapa jenis investasi yang sudah pasti akan sangat menguntungkan dan juga stabil, salah satunya adalah menanam saham di perusahaan tambang. Komoditi tambang sendiri menjadi salah satu invest yang paling menjanjikan. 

Manfaat Membeli Saham Di Perusahaan Tambang 

Sebelum mengenal jenis perusahaan tambang apa saja yang bisa Anda beli sahamnya, tentu saja harus mengenali sebenarnya manfaat apa saja yang bisa diperoleh jika berinvestasi dengan saham ini. berikut ini adalah manfaatnya: 

1. Investasi yang fleksibel 

Manfaat pertama adalah Anda dapat melakukan investasi dengan sangat fleksibel. Manfaat yang satu ini sendiri tidak hanya berlaku dengan membeli saham di perusahaan tambang saja, tapi juga semua jenis investasi dalam bentuk saham. Ketika Anda memiliki saham, berarti yang perlu Anda lakukan adalah mengawasi keadaan serta menunggu profit yang akan dihasilkan. 

2. Margin naik, keuntungan didapatkan 

Membeli saham pada sebuah perusahaan tambang akan memberikan keuntungan apabila margin naik. Ada beberapa jenis saham yang memiliki angka yang stabil, namun juga ada yang akan terus naik. Jika saham Anda bisa mencapai titik capital gain, maka biasanya perusahaan akan memberikan bonus lembar saham lagi ataupun uang tunai. 

3. Pajak saham relative kecil 

Apapun usahanya sudah pasti perlu membayarkan pajak, akan tetapi penarikan pajak untuk usaha tanam saham sendiri relative kecil. Pajak untuk saham sendiri hanya sekitar 1% dari total keuntungan. Dibandingkan dengan pajak usaha lain tentu saja pajak saham ini terbilang kecil sekali dan juga akan menguntungkan untuk Anda. 

4. Transparansi 

Bursa Efek adalah tempat trading dan jual beli barang yang sangat menjaga segala transaksi yang ada terjadi. Di mana sudah pasti semua transaksi akan dilakukan dengan sangat aman dan juga transparan. Tidak hanya itu saja bursa efek juga menjamin investor agar tidak tertipu perusahaan-perusahaan yang hanya berniat mencuri modal yang ditanamkan. 

Melihat manfaat yang tertera, sudah pasti Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan jika memang ingin membeli saham di perusahaan tambang. Tentu saja tidak semua perusahaan tambang dapat Anda beli sahamnya, tapi bukan berarti tidak ada. Ada beberapa perusahaan dari jenis tambang tertentu yang membuka kesempatan untuk Anda beli. 

Perusahaan Tambang yang Sahamnya Dapat Dibeli 

tambang

Setelah mengetahui manfaat besar yang bisa Anda dapatkan dengan membeli saham pada perusahaan tambang, tentu selanjutnya harus mengetahui perusahaan mana yang memang membuka jual beli saham. Berikut ini adalah beberapa perusahaan tambang yang sahamnya bisa Anda beli: 

1. PT. Aneka Tambang

Jika sudah pernah mendengar emas Antam, maka sudah pasti akan memahami bahwa perusahaan ini bergerak di bidang logam mulia. Namun, Antam sendiri juga bergerak pada bidang manufaktur, transportasi hingga jasa. Di mana ini menjadikan Antam sebagai perusahaan tambang yang juga memperluas ke bidang lain. 

3 tahun belakangan ini memang performa dari PT. Aneka Tambang mengalami kenaikan kinerja yang sangat baik. Antam sendiri berhasil meraup keuntungan lebih dari 300 milyar, di mana sahamnya dapat Anda beli dengan harga yang terbilang tidak cukup mahal. Per lot saham dihargai 48.200 rupiah dan tentu saja hasilnya akan sangat menjanjikan jika Anda terus menambah saham pada perusahaan ini. 

2. PT. Timah 

Perusahaan yang mempunyai kode saham TINS ini, memang menjadi salah satu perusahaan tambang yang sahamnya dapat Anda beli. Perusahaan ini sendiri bergerak pada bidang logam timah dan juga dikelola oleh pemerintah. Tidak hanya memproduksi timah, tapi juga mengelola hingga pemasaran hasil pertambangan.

Harga per lot sahamnya sendiri tidaklah begitu mahal, di mana Anda dapat membeli 1 lot saham dengan harga Rp. 45.200. Tentu saja hasilnya akan sangat menjanjikan, mengingat hingga saat ini timah menjadi logam yang sering dibutuhkan berbagai industry. 

3. PT. Bukit Asam 

Perusahan selanjutnya yang sahamnya bisa Anda beli adalah PT. Bukit Asam atau lebih dikenal sebagai PTBA. Perusahaan ini sendiri mengelola penambangan batu bara yang cukup stabil, di mana hingga saat ini menjadi salah satu perusahaan dengan kinerja yang sangat baik. Perusahaan yang bergerak di bawah naungan BUMN ini juga meliputi bidang logistic, gas, dan lain sebagainya. 

4. Adaro Energy 

Perusahaan ini juga bergerak dalam bidang penambangan batu bara yang terbilang sangat ternama di Indonesia. Seperti PTBA, Adaro Energy juga meliputi beberapa bidang seperti logistic, Adaro Water dan lain sebagainya. Perusahaan ini juga dikenal mampu mendatangkan passive income bagi para investornya. 

Itulah beberapa daftar perusahaan tambang yang dapat Anda beli sahamnya dan bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memang ingin berinvestasi jangka panjang. Membeli saham mungkin terkesan rumit, tapi bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Anda juga bisa mulai buka rekening online agar bisa menabung untuk kebutuhan di masa depan nantinya.

Share

You may also like...