Serba-Serbi Tentang Pertalite yang Perlu Diketahui

Pertalite merupakan jenis bahan bakar minyak, pertalite juga termasuk bahan bakar jenis baru yang diproduksi oleh Pertamina, bila dibandingkan dengan bahan bakar Premium, Pertalite memiliki kualitas lebih, dilihat dari kadar Research Octane Number (RON) 90. Nilai diatas premium yang hanya memiliki kadar RON 88.

Dilihat dari hasil tes antara Premium dan Pertalite tersebut, bisa disimpulkan bahwa penggunaan bahan bakar Pertalite mampu membuat mesin kendaraan dalam pemakaian bahan bakar jauh lebih irit. Hal ini dikarenakan Pertalite mempunyai kadar RON lebih tinggi dari Premium.

Sudirman Said selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), berkata bahwa Pertalite merupakan produk bahan bakar yang jauh lebih bersih serta ramah lingkungan. Dengan kualitas Pertalite yang diproduksi dengan bagus akan sangat cocok untuk digunakan di segala jenis kendaraan.

Bahan Bakar seperti Pertalite meskipun baru, ia hadir seakan untuk menggantikan peran bahan bakar Premium namun dalam kemasan yang jauh lebih baik, Penggunaan bahan bakar ini akan membuat tarikan mesin kendaraan jadi ringan, sebab pada formulanya terdapat kandungan Zat adiktif yang dimana bisa menegaskan jika Pertalite menang berada diatas Premium untuk soal kualitas.

Kelebihan dan Kekurangan Pertalite

tambang minyak

Perusahaan Pertamina telah resmi memperkenalkan bahan bakar jenis Pertalite kepada masyarakat pada tanggal 24 Juli 2015 silam. Bahan bakar tersebut mempunyai kadar oktan sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan Premium, perbandingannya adalah nilai oktan 90 untuk Pertalite dan kadar oktan 88 untuk premium.

Sejatinya bahan bakar Pertalite ini di sosialisasikan memang untuk dijadikan bahan bakar alternatif dibelakang Premium. Namun, data dan fakta dilapangan mengungkapkan justru kualitas Pertalite berada diatas Premium. Maka dari itu, banyak orang mengganti pilihan bahan bakar kendaraan mereka yang tadinya menggunakan Premium sekarang beralih ke Pertalite.

Menurut Anjuran, Pertalite bagus jika digunakan pada mesin kendaraan yang diproduksi pada tahun 2000 ke atas dan dilengkapi oleh mesin berkompresi setidaknya 10:1. Tidak hanya itu saja, Bahan bakar Pertalite juga merupakan bahan bakar yang minim polusi dan ramah lingkungan.

Selain mempunyai keunggulan dari segi ramah lingkungan, Pertalite sendiri masih mempunyai keunggulan lain, dan keunggulan bahan Pertalite yang akan akan kita ulas di bawah ini.

Kelebihan Pertalite

  1. Keunggulan yang pertama yakni mempunyai kadar nilai oktan 90, dampaknya bagi kendaraan adalah bahan bakar Pertalite bisa menstabilkan knocking yang membuat pembakaran mesinnya lebih optimal.
  2. Dari segi harga tentu jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan bahan bakar lain terutama bahan bakar Pertamax.
  3. Bahan bakar Pertalite sangat mudah untuk ditemukan, sebab keberadaan bahan bakar Pertalite sudah selalu tersedia di SPBU di seluruh Indonesia bahkan bisa didapatkan di pertamina terdekat.
  4. Pada formulanya tidak terdapat kandungan seperti timbal, namun mempunyai kandungan sulfur sekitar 0,05% atau setara dengan 500 ppm. 
  5. Kualitas warna cairannya jauh lebih jernih dibanding bahan bakar lain.
  6. Mengandung bahan adiktif yang mampu menopang kendaraan untuk terus melaju dengan jarak yang lebih jauh, akan tetapi tetap memaksimalkan kualitas produk meski dengan harga terjangkau.

Setelah menyimak beberapa ulasan tentang keunggulan-keunggulan yang ada pada bahan bakar Pertalite, bahan bakar tersebut juga mempunya beberapa kekurangan, dan kekurangan-kekurangan bahan bakar dari Pertalite akan kita rangkum dibawah ini.

Kekurangan Pertalite

  1. Saran untuk penggunaan bahan bakar Pertalite agar diperuntukan bagi kendaraan dengan cc lebih rendah atau dibawah 125cc. Untuk kendaraan yang mempunyai kapasitas cc tinggi dianjurkan untuk tidak menggunakan bahan bakar Pertalite supaya performa mesin kendaraan tetap maksimal dan lebih terawat.
  2. Apabila tetap memaksakan penggunaan bahan bakar Pertalite pada kendaraan yang mempunyai kapasitas mesin diatas 125cc, mesin akan mengalami knocking atau ngelitik yang tentunya akan membuat usia mesin menjadi pendek.
  3. Penggunaan bahan bakar Pertalite jika diukur sebenarnya justru lebih mahal sebab jarak tempuh untuk per-liternya lebih pendek yakni sekitar 20 persen jika disbanding dengan bahan bakar lain yang mempunyai kadar oktan lebih tinggi.
  4. Jika bahan bakar ini digunakan untuk mobil ataupun kendaraan roda dua yang spesifikasinya membutuhkan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi, maka akan berakibat fatal, seperti usia komponen mesin akan menjadi tidak awet dan cepat mengalami kerusakan. Khususnya pada bagian piston, arm piston atau komponen lainnya.
  5. Jika dihitung secara matematis, ketika kamu menggunakan bahan bakar Pertalite dalam jangka panjang justru akan sangat merugikan sebab biaya perawatan kendaraan jauh lebih mahal apalagi sampai mengalami kerusakan akut yang mengharuskan kamu untuk mengganti salah satu komponen mesin.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bahan Pertalite, apa yang ada di pikiranmu ? Kita harus bijak memilih bahan bakar sesuai spesifikasi kendaraan yang kita miliki. Jangan memaksakan untuk menggunakan bahan bakar beroktan rendah jika kendaraan yang kamu miliki membutuhkan bahan bakar dengan kadar oktan yang tinggi.

Share

You may also like...