Serba-Serbi Tentang Pertamax yang Perlu Kamu Ketahui

Dilihat dari harga jual nya saja Pertamax memang diatas bahan bakar lain seperti premium. Tapi, tahukah kamu jika menggunakan Pertamax kualitas mesin kendaraan akan lebih awet dibandingkan menggunakan bahan premium. 

Tentu dengan Pertamax kita menjadi setuju dengan Istilah “harga tidak pernah bohong”. Sebagian masyarakat yang mengerti dan paham soal perawatan mesin kendaraannya sudah pasti akan menggunakan bahan Pertamax sebagai kebutuhan mesinnya.

Sebab dengan menggunakan bahan bakar Pertamax, bagian-bagian pada mesin akan menjadi lebih bersih dan bebas dari kerak, tidak hanya itu, konsumsi bahan bakarnya pun jauh lebih irit, serta bebas dari polusi atau emisi gas buang.

Bahan bakar Pertamax sangat dianjurkan untuk digunakan apalagi bagi kendaraan yang diproduksi di atas tahun 1990, khususnya kendaraan yang sudah menggunakan mesin setara dengan electronic fuel injection (EFI) beserta catalytic converters (pengubahan katalitik).

Dengan memiliki kandungan oktan 92 didalamnya, bahan bakar ini jauh leboh ramah lingkungan dibanding Premium. Bahan yang ada di Pertamax terbuat dari bahan baku dengan kualitas tinggi, yang membuat kinerja mesin kendaraan jadi lebih bertenaga, tentunya dengan rendah emisi dan juga hemat konsumsi bahan bakar.

Walau demikian, pengguna kendaraan yang memakai bahan bakar Pertamax meski kendaraan mereka di produksi sebelum tahun 1990 atau bisa disebut mobil-mobil antik juga akan berdampak baik bagi mesin dan memperpanjang usia mesin.

Pertamax terkandung oktan 92 dan stabilitas oksidasi sangat tinggi dan kandungan aromatic, olefin serta benzene berada di level rendah. Karena hal ini, tentu kendaraan akan menghasilkan pembakaran yang jauh lebih sempurna pada mesin.

Tidak hanya itu, Pertamax juga telah dilengkapi oleh aditif generasi ke-5 yang bersifat detergency, sehingga dapat dipastikan bagian injektor bahan bakar, inlet valve, karburator serta ruang bakar tetap bersih.

Faktanya bahwa Pertamax sama sekali tidak menggunakan campuran metal atau timbal yang biasa digunakan oleh bahan bakar lain agar bisa meningkatkan nilai oktan.

Bial ada yang bertanya, bagaimana bila menggunakan bahan bakar Premium untuk kendaraan dengan spesifikasi Pertamax? Jika menggunakan Premium pada kendaraan dengan spesifikasi Pertama tentu akan sangat berpengaruh secara langsung dengan adanya penurunan performa serta umur pada mesin.

Kondisi tersebut berbanding terbalik jika menggunakan Pertamax pada kendaraan dengan spesifikasi Premium. Mesin kendaraan akan mengalami peningkatan, dalam hal ini tentang akselerasi tarikan yang lebih kencang serta pembakaran akan lebih sempurna.

Karena mempunyai nilai oktan yang sedikit lebih tinggi dari Premium, maka Pertamax akan menghasilkan pembakaran yang lebih bersih, bagian penting dari mesin seperti busi, karburator dan semua bagian penting pada mesin akan ikutan awet serta kinerja mesin akan lancar.

Kelebihan Pertamax

minyak

1. Pembakaran Lebih Sempurna

Keunggulan Pertamax dibanding bahan bakar lain tentu dari segi pembakaran yang lebih sempurna. Jenis bahan bakar yang mempunyai nilai oktan rendah biasanya akan lama dalam melakukan proses bahan bakar minyak pada mesin. Proses pembakaran dengan waktu yang lama bisa menyebabkan knocking pada mesin.

2. Ramah Lingkungan

Pembakaran yang jauh lebih baik dan efisien merupakan keunggulan utama dari Pertamax, membuat emisi gas yang dihasilkan oleh bahan bakar tersebut akan jauh lebih bersih serta lebih ramah lingkungan. Dampak dari penggunaan Pertamax tentu akan sangat terasa selain membuat kinerja mesin optimal, emisi gas buang yang dihasilkan oleh pembakaran pun akan jauh lebih rendah.

3. Lebih Irit

Keunggulan dari bahan bakar Pertamax berikutnya adalah membuat mesin lebih irit bahan bakar disbanding bahan bakar mesin lain. Hal ini dapat terjadi karena sifat Pertamax sedikit sulit dibakar yang pada prosesnya membuat ruang pembakaran menjadi lebih baik. Pada akhirnya, bahan bakar akan sedikit sulit habis terbakar sebelum balik pada proses TMA. 

4. Perawatan yang Lebih Mudah

Dari beberapa keunggulan Pertamax yang ada sebelumnya, pada dasarnya Pertamax menjadi pilihan utama bagi sebagian masyarakat Indonesia, sebab Pertamax akan membuat proses perawatan mesin kendaraan menjadi lebih mudah. Dikarenakan kandungan Pertamax tidak mempunyai timbal serta memiliki pembakaran yang jauh lebih sempurna, membuat head, piston, klep hingga busi memiliki kadar kerak yang rendah. 

5. Performa yang Lebih Baik dan Responsif

Keunggulan terakhir dari Pertamax adalah bahan bakar tersebut memberi perbedaan pada performa mesin yang jauh lebih baik dan responsif jika dibanding dengan jenis bahan bakar lain. Pada formulanya, Pertamax memiliki kandungan aditif yang bisa membuat dorongan gas pada kendaraan menjadi lebih ringan serta beban kerja mesin juga lebih mulus dan lancar.

Itulah sekilas penjelasan tentang bahan bakar Pertamax serta beberapa kelebihan dan kekurangan Pertamax bila digunakan pada mesin kendaraan yang kita semua harus ketahui. Pastikan pilihanmu tepat ketika memilih bahan bakar mesin sesuai kapasitas kendaraan yang kamu miliki. Pertamax dapat ditemukan di SPBU terdekat di kota kamu.

Share

You may also like...